Serang Polisi dengan Parang, Pelaku Begal Tewas Ditembak : Okezone News

0


MEDAN – Polisi menembak mati buronan kasus pembegalan yang kerap beraksi di wilayah hukum Polres Belawan, Sumatera Utara. Tersangka berinsial Ab alias Menan, warga Jalan Amal, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan ditembak karena berupaya menyerang petugas dengan parang.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin menyebutkan, tersangka Ab ditembak mati karena melawan dan mencoba melukai petugas dengan parang. Insiden itu terjadi saat polisi menggiring tersangka untuk menjemput teman-temannya.

“Saat itu petugas kita sedang membawa tersangka untuk pengembangan. Tersangka diminta menunjukkan tempat rekan-rekannya. Saat itulah pelaku mengambil parang dan menyerang petugas sehingga ditembak. Itu bagian dari tindakan tegas, keras dan terukur yang saya instruksikan,” kata Martuani dalam konferensi pers di Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Senin (13/1/2020).

Martuani menjelaskan, tersangka Ab alias Menan ditangkap pada Sabtu 11 Januari 2020 tak jauh dari kediamannya.

 Ilustrasi

Penangkapan terhadap Ab dilakukan setelah polisi menerima laporan kasus pembegalan atas nama korban Ahmad Mujib Novianto. Aksi pembegalan itu diduga dilakukan tersangka bersama sejumlah rekannya di Jalan Raya Pelabuhan Belawan Simpang Selebes Belawan II pada 30 Oktober 2019.

“Dalam menjalankan aksinya, pelaku bersama beberapa orang rekannya menodong korban dengan senjata tajam dan membawa kabur tas korban berisi ponsel dan uang Rp10 juta,” tukasnya.

Selain kasus atas korban Ahmad Mujib Novianto, tersangka Ab alias Menan diduga juga pernah terlibat dalam sejumlah kasus perampokan dengan kekerasan. Seluruh aksi mereka dilakukan di bawah jurisdiksi Polres Belawan.

“Total semua ada empat laporan polisi. Semua di Polres Belawan,” pungkasnya.

(sal)




Source link