Perubahan Taktik Pioli Jadi Kunci Kemenangan AC Milan atas SPAL : Okezone Bola

0



MILAN – Pelatih AC Milan, Stefano Pioli, menyebut perubahan taktik di tengah laga menjadi kunci kemenangan telak anak asuhnya atas SPAL di 16 Besar Coppa Italia 2019-2020. Sebab, perubahan itu membuat kedua fullback dapat lebih leluasa menyerang.

I Rossoneri turun dengan formasi awal 4-3-3. Namun, pada babak kedua Stefano Pioli mengubah taktik menjadi 4-4-2 dengan memasukkan Suso pada menit 63. Strategi tersebut langsung berbuah gol kedua dari fullback kiri Theo Hernandez (66’) yang melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Baca juga: AC Milan Cukur SPAL 3-0 di 16 Besar Coppa Italia 2019-2020

Stefano Pioli menyebut perubahan taktik dan strategi memang diperlukan. Posisi para pemainnya tidak boleh statis agar mampu memanfaatkan setiap jengkal ruang di lapangan. Dengan demikian, Krzysztof Piatek dan kawan-kawan bisa menutup semua area lapangan di waktu yang tepat.

“Posisi di lapangan tidak boleh statis. Kami harus mengeksplorasi semua ruang karena butuh menutup semua jengkal lapangan pada momen yang tepat. Kami dengan baik melakukannya hari ini dan menciptakan banyak peluang gol,” ujar Stefano Pioli, mengutip dari Football Italia, Kamis (16/1/2020).

“Selain sistem, entah Anda suka atau tidak, hal terpenting adalah konsep sepakbola. Kami sengaja membuat fullback lebih maju demi superioritas di sayap. Situasi tersebut sangat krusial ketika kami bermain dengan intensitas tinggi, entah ketika menguasai atau mengejar bola,” sambung pelatih berusia 54 tahun tersebut.

Kemenangan itu menjaga momentum positif AC Milan setelah memetik poin penuh atas Cagliari di pekan 19 Liga Italia 2019-2020. Il Diavolo Rosso bakal berusaha menjaga tren itu dalam laga kandang kontra Udinese pada 19 Januari 2020 di Stadion San Siro.



Source link