Nonton Film di Bioskop Manfaatnya Sama dengan Olahraga Kardio, Ini Kata Peneliti : Okezone Lifestyle

0


Jika Anda tahun ini menargetkan untuk bisa aktif olahraga, maka nonton film di bioskop mesti masuk dalam list. Sebab, belum lama ini peneliti menemukan fakta bahwa nonton film di bioskop sama dengan berolahraga ringan.

Menjadi catatan peneliti di University College London (UCL) adalah nonton filmnya harus di bioskop, bukan di ruang tamu atau kamar tidur. Ya, budaya yang terjadi sekarang memudahkan masyarakat modern untuk nonton film di rumah. Hal ini yang tidak dilihat peneliti membawa dampak positif untuk kesehatan.

“Pergi ke bioskop untuk nonton film menjadi budaya yang mulai tergeser. Padahal, melakukan aktivitas ini membuat Anda memberikan perhatian penuh pada diri Anda sendiri,” papar Ahli Saraf UCL Joseph Devlin, seperti dikutip dalam laman New York Post.

 Nonton bioskop

Devlin menerangkan bahwa menonton film di bioskop sama saja dengan melakukan olahraga kardio ringan sekira 40 menit. Hal ini berkaitan dengan aktivasi detak jantung selama Anda menonton film.

Selain memberi dampak baik untuk kesehatan tubuh, nonton film di bioskop juga dinilai baik untuk kesehatan pikiran. Ini terjadi karena rileksasi yang Anda ciptakan selama menonton film membawa suasana hati menjadi lebih baik dan akhirnya Anda mampu memecahkan masalah dengan cukup tenang.

“Nonton film di bioskop itu bisa mengatasi masalah tanpa gangguan, juga memberi dampak baik untuk Anda lebih produktif,” ungkap peneliti. Klik halaman selanjutnya untuk manfaat nonton bioskop yang sama dengan olahraga kardio.

Penelitian yang dilakukan UCL ini mengamati 51 penonton ‘Aladdin’ yang sebelumnya ditempatkan alat detektor detak jantung dan reaksi kulit. Alat ini akan bereaksi saat penonton menyaksikan film tersebut. Ke-51 penonton itu dibandingkan dengan 26 orang yang menghabiskan waktu dengan membaca dalam durasi yang sama.

Menjadi catatan, denyut jantung istirahat normal manusia ialah 60 hingga 100 denyut per menit. Nah, hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan menghabiskan waktu nonton film di bioskop selama 40 menit, mereka mencapai ‘zona aman jantung sehat’ atau dengan hasil 95 sampai 160 denyut per menit. Nah, hasil tersebut ternyata setara dengan jalan cepat atau berkebun.

Detak jantung penonton juga dinilai stabil selama menonton film dan ini dikaitkan dengan efek positif dalam keterhubungan sosial peserta penelitian secara keseluruhan. Ini menunjukan bahwa sikap empati dan keterikatan mereka cukup besar dengan orang lain. Bahkan, mengurangi gejala kesepian dan depresi.

Devlin menambahkan, dampak positif ini sangat baik untuk mereka yang terlalu fokus pada ponsel, media sosial, bahkan mereka yang mulai mengasingkan diri dari sosial. “Di dunia yang mulai sulit menemukan kedekatan sosial seperti sekarang, manfaat dari nonton film di bioskop ini sangat berarti,” pungkasnya.



Source link