Mobil Pertama di Dunia Jadi Koleksi Museum Nasional Indonesia : Okezone Otomotif

0


JAKARTA – Benz Patent Motorwagen merupakan mobil pertama di dunia yang hadir sebelum tokoh otomotif Carl Benz menciptakan mobil yang diakui masyarakat dunia. Kini mobil pertama di dunia yang memiliki desain seperti kereta kuda tersebut hadir di Indonesia.

Meski hadir dengan label replika kendaraan bermotor roda tiga yang dipatenkan oleh Carl Benz, salah satu pendiri Mercedes-Benz, pada 1886 silam. Kini resmi hadir di Indonesia sebagai salah satu koleksi otomotif langka yang terdapat di Museum Nasional Indonesia.

 Mobil pertama di dunia

Kehadiran mobil langka ini memiliki nilai sejarah penting peradaban modern, seperti dijelaskan oleh Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto. “Inilah mobil pertama di dunia, di situ ada edukasi kepada masyarakat terkait perkembangan teknologi kendaraan,” ujarnya kepada awak media.

Langkah hibah unit replika mobil bersejarah yang memiliki Memiliki nomor koleksi 192520, dilakukan Mercedes-Benz Indonesia sebagai perayaan ke-50 tahunnya di tanah air. “Ini adalah salah satu dari 90 unit replika yang tersebar di berbagai negara dunia,” ujar Manager Public Relations Department Mercedes Benz Indonesia, Dennis Kadaruskan.

Unit mobil tersebut lama menjadi koleksi kebanggaan Mercedes Benz Indonesia pada lobi kantornya di Jakarta. “Selama ini belum ada contoh kendaraan yang mewakili edukasi mobilitas. Dengan kendaraan pertama ini menjadi bentuk kepedulian Mercedes Benz terhadap hal tersebut,” kata Dennis menambahkan.

 Mobil pertama di dunia

Replika tersebut memiliki mesin maupun komponen serupa dengan kendaraan yang dipatenkan Carl Benz. Rangkaian mesin tersebut memiliki silinder tunggal, berkapasitas 950 cc dengan kekuatan sebesar 0,73 hp. Kecepatan maksimal dari kendaraan beroda tiga ini mencapai 10 Kpj.

Mercedes Benz sendiri menjadi mobil pertama yang beredar di Indonesia, yakni model Benz Victoria Phaeton pada 1894 lalu. Kendaraan itu dimiliki oleh Sultan Surakarta Pakubuwono X, yang kemudian juga membeli mobil Daimler pertama pada 1907 yakni Britze Daimler pada 1907 silam.



Source link