Melawan saat Ditangkap, Pencuri Sarang Walet Terpaksa Ditembak : Okezone News

0



JAMBI – Tiga warga Kabupaten Muarojambi ini tidak berkutik lagi usai ditembak petugas Unit Reskrim Polsek Kota Baru. Betapa tidak, ketiganya merupakan tersangka pencurian spesialis sarang burung walet di kawasan Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi.

Kapolsek Kotabaru AKP Afrito Marbaro menyatakan terpaksa melumpuhkan para tersangka dengan timah panas lantaran melawan saat akan ditangkap.

Baca juga: Ayah Nekat Curi Mesin Pompa Air demi Biaya Berobat Anak 

Ketiga tersangka tersebut, ungkap dia, masing-masing berinisial HA (39), S (38), dan S (35). “Mereka ditangkap pada akhir minggu lalu di Jalan Lingkar Selatan, Kotabaru,” ujarnya, Rabu 15 Januari 2020.

Dia mengatakan, terungkapnya kasus tersebut setelah petugas mendapat laporan dari korban bahwa ada orang mencurigakan di sarang burung walet miliknya.

Kemudian korban melaporkannya ke Polsek Kotabaru. “Anggota kita langsung mendatangi tempat kejadian itu. Didapatkan tiga pelaku sedang mencuri sarang walet,” tambah Alfrito.

Ketika mencuri, imbuh dia, tersangka menggunakan tangga yang dibawa sendiri dari rumah.

Baca juga: Polisi Tembak 2 Pencuri Uang Rp60 Juta dari Parkiran Kantor DPRD Sumut 

Mendapatkan pelaku sedang beraksi, petugas memberikan tembakan peringatan, tetapi tidak diindahkan.

“Pada saat dilakukan penangkapan, pelaku coba melarikan diri, sehingga harus diberikan tindakan tegas oleh pelaku,” jelasnya.

Selanjutnya, tambah dia, dari hasil pemeriksaan, para tersangka sebelum melakukan aksinya dalam keadaan sedang memakai narkoba.

“Narkoba jenis sabu yang dipakainya. Saat ini kita sedang mendalaminya, sudah berapa kali para tersangka ini mencuri,” tutur Alfrito.

Baca juga: 3 Bandit Berjimat Ambruk Ditembak Polisi Usai Bobol Rumah Kosong 

“Harga sarang walet yang dijual, lanjutnya, mereka menjual 1 kilogram dengan harga Rp14 juta,” ujarnya.

Sedangkan barang bukti yang diamankan yaitu 1 kg sarang walet, 1 bilah pisau, 1 tangga kayu, 3 batang kayu yang telah diikat secrap, dan 2 unit senter kepala.

Akibat perbuatanya, para tersangka ditahan di Polresta Jambi. Mereka dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 7 tahun penjara.

Baca juga: Pencuri Motor Tewas Akibat Ledakan Bom Ikan yang Dibawanya 




Source link