Elpiji 3 Kilogram Naik Rp35 Ribu, Ini 5 Siasat Masak Biar Enggak Boros : Okezone Lifestyle

0


WACANA penghentian subsidi elpiji 3 kilogram atau tabung melon akan berlangsung di semester dua tahun ini. Ibu-ibu harus bisa menghematnya saat masak agar tidak boros pengeluaran.

Nah, setelah elpiji 3 kilogram tidak lagi disubsidi pemerintah, harga belinya bisa mencapai Rp35 ribu. Enggak usah khawatir boros, karena Anda bisa mengakali saat masak.

Tapi bagaimana caranya ya? Okezone merangkum lima tips untuk menghemat elpiji 3 kilogram saat memasak. Berikut ulasannya, ditulis Rabu (16/1/2020).

Sering bersihkan kompor

masak

Poin yang satu ini seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Anda pasti berpikir bahwa lama atau tidaknya gas elpiji hanya bergantung pada pemakaian. Namun pada kenyataannya, bila kompor yang digunakan dipenuhi oleh kotoran justru dapat menghambat kinerjanya. Indikasi kompor yang bersih bisa dilihat dari tampilan warna apinya.

Api berwarna biru menandakan bahwa kompor terawat dengan baik. Api ini cenderung memiliki suhu panas yang lebih tinggi, sehingga akan membuat durasi memasak menjadi lebih singkat. Jadi, jangan malas membersihkan kompor ya, Okezoners!

Perhatikan selang dan regulator

Anda juga harus memerhatikan selang gas dan regulatornya. Sebab, kedua alat inilah yang nantinya menentukan kekuatan gas saat memasak.

Hindari penggunaan selang dan regulator berkualitas rendah, karena gas bisa terbuang sia-sia. Tidak ada salahnya merogoh kocek berlebih untuk membeli selang gas yang bagus dan tidak mudah kendur.

Begitu pula dengan regulator. Bila Anda asal-asalan memilih regulator, tidak menutup kemungkinan gas akan bocor dan memicu ledakan.

Gunakan peralatan berbahan stainless steel

Meski harga peralatan stainless steel cenderung lebih mahal, namun peralatan ini dapat menunjang kegiatan memasak Anda secara maksimal. Termasuk menghemat gas elpiji.

Mari bandingkan dengan peralatan berbahan alumunium. Peralatan masak ini diklaim bukanlah penghantar panas yang baik, sehingga Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mematangkan makanan.

Sebaliknya, peralatan berbahan stainless steel justru dapat menghantarkan panas secara sempurna, alhasil durasi memasak pun akan menjadi lebih singkat.

Sesuaikan ukuran peralatan memasak

Ukuran peralatan memasak juga menjadi salah satu faktor pemicu gas cepat habis. Bayangkan saja, bila Anda harus memasak makanan berporsi kecil, namun menggunakan wajan besar yang bisa dipakai untuk membuat 10 porsi makanan.

Hal ini justru akan memperlambat proses memasak, karena suhu panas tidak dihantarkan secara mata. Mulai dari sekarang, yuk teliti sebelum memilih peralatan memasak!

Cari alternatif memasak

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis masakan harus diolah menggunakan kompor gas. Misalnya ketika Anda hendak mengolah makanan yang memerlukan waktu hingga berjam-jam lamanya. Alangkah baiknya jika proses pengolahan diakali dengan alat alternatif.

Contoh kecil, Anda bisa menggunakan panci presto untuk merebus daging supaya teksturnya menjadi lebih empuk. Bisa juga dengan memakai slow cooker dengan daya bantu listrik. Mudah bukan?



Source link