Cegah Korupsi, Menko Luhut Libatkan KPK di Setiap Rapat Investasi : Okezone Economy

0



JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan mengajak Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk bekerja sama dalam pencegahan korupsi. Dia bilang, KPK akan ikut hadir dalam setiap rapat terkait investasi.

“Kami undang KPK untuk proses investasi, dalam konteks pencegahan. Jadi Deputi Pencegahan KPK orangnya di-attach. Setiap kami rapat investasi, dia ikut melihat. Benar tidak ini? Jangan sampai (investasinya) malah jadi mutar-mutar,” kata Luhut ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi ke Kepala BKPM: Silakan Catut Nama Saya

Menurut Luhut, keterlibatan KPK dalam setiap pembahasan investasi menjadi hal yang penting untuk pencegahan korupsi, dibandingkan terus terjadi Operasi Tangkap Tangan (OTT). Meski demikian, dia menekankan tak ada yang salah terkait tindakan OTT yang dilakukan KPK.

“Jadi biar KPK lihat sendiri, kan bagus jadi pencegahan daripada OTT saja,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Minta BKPM Kawinkan Investasi Asing dengan Pengusaha Lokal

Dia menyatakan, investasi yang masuk ke Indonesia sering kali memiliki nilai yang besar mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS). Oleh sebab itu, dirinya tak ingin investasi yang masuk malah jadi terhambat realisasinya.

Hal ini berkaca dari rencana investasi di Pulau Janda Berhias, Batam. Terdapat proyek pembangunan depo minyak (oil storage terminal) yang dilakukan oleh PT West Point Terminal di wilayah tersebut, namun mangkrak sejak 2012 lalu.

Selain itu, adanya kebijakan penutupan keran ekspor bijih nikel (ore) juga membuat investor baterai lithium berminat untuk menanamkan dananya di Indonesia dalam nilai yang besar. Luhut pun tak ingin adanya oknum pemerintah yang malah mempersulit masuknya potensi investasi ke dalam negeri.

“Jadi memang itu (investasi) perlu disikapi dan mental kita harus tambah baik lagi,” tutupnya.



Source link