Antisipasi Puncak Musim Hujan, Tanggul Jebol Mulai Diperbaiki : Okezone Economy

0


JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki sejumlah tanggul yang rusak akibat luapan air kali beberapa waktu lalu. Salah satu tanggul jebol dan sedang diperbaiki di Perumahan Kemang Pratama dan Kemang IFI sepanjang Kali Bekasi.

Mengutip informasi dari Instagram Kementerian PUPR, Senin (13/1/2020), survei cepat penyebab banjir yang dilakukan beberapa waktu lalu mengungkap tanggul jebol sebagai penyebab banjir di 44 titik di Jabodetabek. Tanggul yang rusak akibat luapan air telah diperbaiki.

Baca Juga: Rawan Banjir, Kemenkeu Sudah Asuransikan Sejumlah Aset Negara

Perbaikan dilakukan karena menjelang puncak musim hujan yang diprediksi BMKG pada Februari-Maret. Langkah-langkah antisipasi dilakukan Kementerian PUPR di seluruh Indonesia, berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Perbaikan Tanggul Jebol di Kali Bekasi

Tanggul di Perumahan Pondok Gede Permai, Bekasi, Jawa Barat, ternyata sudah empat kali jebol. Saat jebol terakhir, Rabu 1 Januari 2020, kompleks perumahan tersebut banjir dengan ketinggian air hingga 6 meter.

Baca Juga: Proyek Bendungan Karian Pengendali Banjir di Lebak Selesai Maret 2021

Seorang warga Perumahan Pondok Gede Permai, Ramlan Marpaung menjelaskan, dirinya sudah tinggal selama 15 tahun di sana. Menurut dia, banjir yang terjadi di awal 2020 paling parah dari sebelumnya.

Ramlan menjelaskan, banjir besar yang menimpa kawasan itu disebabkan karena kembali jebolnya tanggul pembatas Sungai Bekasi. Menurutnya ini kali keempat tanggal itu jebol.

Memasuki Tahun Baru 2020, bencana banjir melanda sejumlah wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Banjir disebabkan curah hujan yang intens terjadi di musim penghujan ini.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, meninjau langsung ke beberapa titik lokasi banjir. Diantaranya Perumahan Irigasi Danita di Kecamatan Bekasi Timur, Pintu Air Jembatan Lengkak, Bekasi Jaya, serta Jalan Raya RA Kartini, Bekasi Timur.

Tri juga menanggapi banjir di Perumahan Kemang Pratama yang mencapai leher orang dewasa. Ia mengatakan banjir disebabkan 3 tanggul yang jebol pasca diguyur hujan terus-menerus.



Source link