Alibaba Cloud : Keamanan Data Itu Sangat Penting : Okezone techno

0



JAKARTA – Saat berurusan dengan internet, keamanan data menjadi salah satu hal yang sangat penting. Tak terkecuali dengan layanan cloud atau komputasi awan yang semua data dan servernya disimpan secara online atau berbasis internet.

Salah satu perusahaan cloud asal China Alibaba melalui Head of Alibaba Cloud, Leon Chen menyebutkan,  keamanan data menjadi salah satu hal yang sering ditanyakan. Karena itu, ini menjadi prioritas.

Menurut Chen, teknologi cloud atau layanan komputasi awan akan aman saat mengikuti regulasi yang diterapkan oleh suatu negara. Seperti halnya, di Indonesia pemerintah menghendaki bahwa pusat data lebih baik disimpan di Indonesia.

“Kami mengikuti regulasi pemerintah dengan menampakkan data center di Indonesia. Selain itu memang tidak hanya pemerintah, tetapi juga karena kebutuhan konsumen yang membutuhkan data center lokal,” kata Chen saat diwawancarai usai acara Alibaba Cloud Day Indonesia 2020, di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Dari data Alibaba Cloud, untuk meyakinkan keamanan kepada seluruh konsumen, perusahaan ini memiliki sekitar 70 akreditasi kemanan dan kepatuhan di seluruh dunia.

Pusat data milik Alibaba Group dari China resmi hadir di Indonesia empat tahun lalu, menawarkan produk dan layanan cloud (awan) seperti elastic computing, layanan database, jaringan, keamanan, big data  dan middleware untuk analisis, yang dapat diaplikasikan berbagai industri, mulai dari e-commerce, media, teknologi finansial hingga manufaktur.

 Alibaba Cloud memiliki sekitar 42 data center yang tersebar di China, Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Jepang, Australia, Eropa, pesisir barat dan timur Amerika Serikat dan juga kawasan Timur Tengah.

Di kuartal keempat 2017, Alibaba Cloud memiliki lebih dari satu juta pelanggan berbayar, keuntungannya bertumbuh sebesar 104 persen year over year menjadi 553 juta dolar.



Source link