8 Jet Tempur Israel Terendam Banjir Akibat Angkatan Udara Lalai : Okezone News

0



TEL AVIV – Saat banjir besar melanda Jakarta dan wilayah sekitarnya beberapa waktu lalu banyak video atau gambar yang menunjukkan mobil-mobil terbenam atau terseret banjir, menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Namun, di Israel, bukan hanya mobil yang tenggelam dalam banjir, tetapi juga pesawat tempur.

Angkatan udara Israel mengakui kesalahan mereka karena tidak memindahkan semua jet tempur F-16 dari hangar saat terjadi hujan deras pekan lalu. Kelalaian itu menyebabkan kerusakan beberapa jet tempur yang terendam banjir.

Menurut seorang pejabat senior angkatan udara Israel yang dikutip Jerusalem Post, 50 juta liter hujan turun di pangkalan udara Hatzor, selatan Israel, selama 30 menit sejak pukul 5 pagi waktu setempat, Kamis pekan lalu. Hujan menyebabkan banjir di landasan pacu dan dua hangar di pangkalan udara tersebut.

Baca juga: Tak Ingin Terlibat, PM Israel Sebut Pembunuhan Jenderal Iran “Aksi AS”

Baca juga: Momen PM Netanyahu Dievakuasi saat Roket Masuk ke Israel

Laporan Channel 12 Israel mengatakan bahwa ketinggian air mencapai satu setengah meter di dalam hangar, sehingga beberapa mekanik harus diselamatkan dari sana.

Delapan jet tempur F-16 mengalami kerusakan akibat hujan, lima di antaranya mengalami kerusakan ringan sementara tiga lainnya menderita kerusakan lebih berat.

“Kami salah tidak mengevakuasi hangar-hangar itu,” kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu. “Itu adalah sebuah kesalahan dan kami akan menyelidiki insiden tersebut dan mengambil pelajaran agar hal ini tidak terjadi lagi.”

Israel dilanda dua badai musim dingin yang parah dan mematikan pekan lalu. Badai-badai itu menyebabkan banjir besar, menewaskan sedikitnya enam orang di utara dan selatan Israel.

(fzy)




Source link