23 Ribu Warga Malang Krisis Air Bersih Selama 5 Hari : Okezone News

0



KOTA MALANG – Sudah lima hari sekira 23 ribu pelanggan air PDAM Kota Malang tidak mendapat layanan air bersih akibat rusaknya instalasi pipa air di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Hampir seluruh kecamatan di Kota Malang terdampak berhentinya suplai air bersih yang menyebabkan krisis air di sana.

Baca juga: DPRD DKI Jakarta Setujui Anggaran Rp3 Miliar untuk Air Bersih 

Di Perumahan Bulan Terang Utama (BTU), Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, misalnya hingga Rabu 15 Januari 2020 siang ratusan warga dilanda “krisis” air bersih.

“Sudah sejak Sabtu lalu mati airnya,” ungkap Budiono, warga di Perumahan BTU Blok GA 33, saat ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, akibat terhentinya suplai air bersih ini, sejumlah aktivitas warga terutama untuk bersih-bersih dan MCK menjadi terganggu.

“Mau nyuci baju susah, mandi juga harus ngirit air. Pokoknya mandi dan MCK terganggu,” ungkapnya.

Baca juga: Warga Kamal Muara Kesulitan Air Bersih 

Sedangkan Ketua RT 09 RW 16 Perumahan BTU, Dedi Setyowibowo, mengakui ada 48 kepala keluarga (KK) di wilayahnya yang terdampak krisis air akibat rusaknya instalasi pipa milik PDAM di Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

“Kalau di sini matinya sudah dari Jumat ada 48 KK yang terdampak matinya air dari PDAM,” ucapnya.

Beberapa kawasan di Perumahan BTU ini juga terdampak krisis air. Di Blok UJ dan KR misalnya, meski mengalami kekeringan suplai air bersih dari PDAM Kota Malang, warga masih bisa mengakses air yang disediakan pengelola perumahan.

“Kalau di sini memang masih ada air dari sumur milik pengelola perumahan yang ditempatkan di rumah pegawai. Tapi itu biasanya ada waktu-waktu keluarnya,” ucap Mujiana, warga Perumahan BTU Blok UJ.

Baca juga: KPK: Kebijakan Swastanisasi Air Minum di Jakarta Berisiko Menyimpang 

Dari laporan yang diterima Perumda Tugu Tirta Kota Malang atau PDAM Kota Malang, setidaknya hampir seluruh kecamatan di wilayah Kota Malang yang mengalami krisis air.

“Dari laporan yang masuk ke kita sejumlah wilayah seperti Buring, Wonokoyo, Cemorokandang, Sawojajar, dan sebagian Kota Malang bagian timur terdampak kendala suplai air,” beber Lufi Herdono, pengawas pekerjaan dan pengadaan barang PDAM Kota Malang.

Baca juga: Wali Kota Tangsel Groundbreaking SPAM Kali Angke Berkapasitas 33,5 Ribu Rumah 




Source link